www.arabic.web.id

www.arabic.web.id


Hakikat Cinta

Posted: 29 Jun 2010 01:23 AM PDT

أحـبـك حـبـاً لـو تـحبين مـثـلــــــــــــه أصـابـك من وجـــدي عـلـى جـنـونــي

Aku sungguh mencintaimu dengan cinta yang jika kau merasakan cinta ini niscaya kau akan gila karenanya


أحـبـك كالـبـدر الـذي فـاض نـــــوره على فـيـح جـنـات و خـضـر تـــــلال

aku mencintaimu laksana bulan yang cahayanya menerangi taman nan luas dan bukit nan hijau..


أحـبـك حـتـى كـأن الـهـــــــــــــــــــــوى تـجـمـع و ارتـاح في أضـلــــــعـي

aku mencintaimu.. seakan-akan rasa cinta berkumpul dan merasakan ketenangan di tulang rusukku,,,


فـلـو كـان لي قـلـبـان عـشـت بـواحــد و أبـقـيـت قـلـبـاً في هـواك يـعـذب

kalaulah ku memiliki dua hati.. aku kan hidup dengan satu hati.. dan aku sisakan satu hatinya tertawan dengan mencintaimu..


سـحرتـني حبـيـبتي بـسواد عيونـهـــا إنـمـا السـحـر في سـواد الـعـيـــــــــــون

cintaku kau menyihirku dengan hitam matamu.. sesungguhnya sihir itu ada pada hitamnya mata..


نقل فؤادك حيث شئت من الهــــــــــوى ما الــحـب إلا لـلـحـبـيــــــــــب الأول

palingkanlah hatimu kepada siapa saja yang kau cinta.. tidaklah cinta kecuali kembali kepada cinta yang pertama..


janganlah kau berdusta atas nama cinta.. lalu kau lampiaskan cinta dengan syahwatmu.. jagalah hati dengan cinta Nya.. karena betapapun kita memalingkan hati, hanya kepada Nya lah kita kembali.. dan hanya Ia lah cinta Nya abadi..

kecantikan yang mempesonamu.. apalah artinya jika hanya menyesatkanmu.. jangan tertipu dengan bisik godaannya.. betapa banyak orang yang mengaku patah hati.. padahal cinta belum lah halal baginya.. lalu merenunglah ia dan menangisinya.. sudikah ia menangisi maksiatnya karena enggan menjauh darinya??

sesungguhnya cinta hakiki membawa kepada kebahagiaan abadi.. raihlah cinta yang berpahala.. cinta yang suci di atas perjanjian yang kuat.. Ia menggambarkannya sebagai “mitsaqon gholidzho”

“…Dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat." (An-Nisa: 21)

-allahummaghfirlii maa qoddamtu wa maa akh-khortu-


Bagaimana kamu akan kembali…?

Posted: 29 Jun 2010 01:20 AM PDT

كَيْفَ اَنْتَ سَتَعُوْدْ.. وَمَا مِنْ يَوْمٍ مَوْعُوْدْ

Bagaimana kamu akan kembali?.. padahal tak ada hari yang dijanjikan..

اِنَّ اَيَّامِيْ كَانَتْ مَحْبُوْبَةْ… قِصَّةٌ فِيْهاَ كَانَتْ مَشْهُوْدًةْ

Sesungguhnya hariku dulu dicinta.. padanya disaksikan segala kisah..

يَا مَنْ يُفْرِحُ القُلُوْبْ.. مَا غَيْبَكَ اِلاَّ المَغْضُوْبْ

Wahai yang membahagiakan hati.. tidaklah kehilanganmu kecuali dibenci..

اِعْلَمُوْا يَا مَنْ يَمْلِكُ لِلنَّاسِ الوِدَادْ… لاَ تَدُْمْ الحُبّ اِلاَّ لِرَبِّ العِبَادْ

Ketahuilah wahai yang memiliki cinta pada manusia.. jangan kau abadikan cinta kecuali kepada tuhan para hamba..

قال الارجاني

Telah berkata al arrojany *

مَوَدَّتُهُ تَدُوْمُ لِكُلِّ هَوْلٍ… وَهَلْ كُلٌّ مَوَدَّتُهُ تَدُوْمُ

Cintanya senantiasa membuat ketakutan.. apakah setiap sesuatu cintanya tetap??

Ini adalah tulisanku yang ku goreskan untuk jiwa yang semakin tak tenang.. berharap dari sesuatu yang tak mungkin atau mungkin tapi sulit digapai.. ketika harapan terhalang dinding yang menjulang tinggi.. ketika kenyataan makin menggetarkan relung-relung semangat..

Ku mencoba untuk ikhlas.. kepada yang telah, akan, dan segera pergi.. atau yang tak ku tahu kepergiannya atau kehadirannya kelak…kini aku pasrah berharap.. bukan tak bisa berbuat.. tapi dengan kata ku goreskan maksud.. darinya tercermin tujuan.. tiada yang mengerti kecuali yang maha mengetahui akhir segalanya..

رب زدني علما نافعا و رزقا طيبا و عملا متقبلا

Ya rabbi.. tambahkan aku ilmu yang bermanfaat, rizqi yang baik, dan amal yang diterima..

” Al Batawy”

* aku nukil perkataan ini dari "Al Balaghah : Al Ma'any – Al Bayan Al Badi" Oleh Umar bin 'alawy bin abu bakar al kaafi hal 447


Jadikanlah mendung mu hujan.. sahabatku..

Posted: 29 Jun 2010 01:16 AM PDT

يَا صَاحِبِيْ

Wahai Sahabatku..


عِنْدَمَا كُنّا رِفَاقاً .. كَانَتِ الدُّنْيَا هَنا

Dahulu, ketika kita berteman.. Dunia amat menyenangkan..
عِنْدَمَا كُنَّا صِحَابًا .. نَرْتَضِي رَبَّ السَّمَا
Dahulu, ketika kita bersahabat… Kita mencari ridha tuhan langit..
صَاحِبِي .. مَاذَا جَرَى ؟

Sahabatku.. Apa yang terjadi?
مَا لِلْفُؤَادِ تَغَيَّرََ ؟
Apa yang membuat hati berubah?

ما لِلنُّفُوْسِ تَبَدَّلَتْ ؟

Apa yang membuat diri berbeda?
ما لِلْوِدَادِ تَكَدَّرَ ؟

Apa yang membuat cinta mengeruh?
يا صاحبي

wahai sahabatku..

أَوَلَمْ تَكِنْ يَوْماً لَنَا

Tidakkah ingat hari-hari kita..
نَجْماً يُضِيْءُ لَنَا السُرَى

Bintang menerangi kita, indah!
أَ تَبْعَدُ مُجْبَرًا أَمْ قَاصِداًً

Apakah kamu menjauh terpaksa? Ataukah sengaja?
لَا مَا عَهِدْتُكَ هَكَذَا

Tidak, aku tidak menjanjikanmu demikian..
قُلْ لِي بِرَبِّكَ يَا أَخِيْ

Katakan lah dengan nama Tuhanmu wahai saudaraku..

فَمَا عَهِدْتُكَ مُنْكِرَ
Aku tidak kan menyalahi janji..
قُلْ لِي بِرَبِّكَ صادقاً

Katakanlah dengan nama Tuhanmu akan kejujuran
أَتَظُنُّ جَهْدَكَ مُثمِرَ ؟
Apakah kamu menyangka usahamu berbuah hasil?
يا صاحبي
wahai sahabatku..

مِنْ حُزْنِي.. كَرَّرْتُهَا

Dari kepedihanku, ku ulangi..
لَكِن صَاحِبِي اِنْبَرَى

Akan tetapi sahabatku menentang..
مِنْ حُزْنِي.. كَرَّرْتُهَا

Dari kepedihanku, ku ulangi..
و صَاحِبِي لَا مَا دَرَى

Akan tetapi sahabatku tak mengerti..
مِنْ حُزْنِي.. كَرَّرْتُهَا

Dari kepedihanku, ku ulangi..
فَمَضَى بَعِيْدًا… وَ سَرَى

Telah lama berlalu.. dan berlanjut..

مِنْ حُزْنِي.. كَرَّرْتُهَا

Dari kepedihanku.. ku ulangi..
حتى جفا عيني
sehingga basah kedua mataku..
إني اقول حقيقةً

Sesungguhnya aku berkata sebenarnya..
فدع التجاهل والمِرا

Maka jauhilah saling menyalahkan dan perdebatan..
و اْرجِعْ إِلَيْنَا مُسْرِِعاً

Kembalilah kepada kepada kami segera..

اِجْعَلْ سِحابَكَ مُمْطِرًا
Jadikanlah mendungmu hujan..
يا صاحبي ..

Wahai sahabatku..

Syair diambil dari “يا صاحبي ما ذا جرى” oleh عماد الصقعبي dengan gubahan dariku.. dengan penambahan dan pengurangan untuk menyesuaikan kondisiku..

Klik di link ini untukmelihat syair aslinya..


Cinta yang memabukkan

Posted: 29 Jun 2010 01:09 AM PDT

ولا تسألني عن وطني فقد اقمته بين يديك ولا تسألني عن اسمي فقد نسيته عندما احببتك

Jangan kau tanya tanah airku, karena telah ku letakkan di hadapanmu.. jangan kau tanya namaku, karena aku telah lupa sejak mencintaimu..

احبك ..فكم تبقى من عمري ساعيشه بحبك؟

aku mencintaimu.. maka berapa banyak harus kuhabiskan umurku agar bisa hidup mencintaimu..

وكم تبقى من ليالي كي احلم بك فيه
Berapa banyak malam yang kulewati agar dapat memimpikanmu?

وكم سنة يجب ان اناديك كي تسمع نداءي ؟
Berapa tahun ku harus memanggilmu agak kau mendengar suaraku?

وكم سنة يجب ان ابكي كي تدرك حجم المي ؟
Berapa tahun ku harus menangis agar kau menyadari besarnya penderitaanku?

لماذا بين يدي ويديك سرب من الاسلاك لماذا حين اكون انا هنا تكوني انتي هناك

Mengapa tanganku dan tanganmu seperti terikat tali.. dan mengapa kau selalu ada dimanapun ku berada..

ربما يبيع الانسان شيئا قد شراه لكن لا يبيع قلباً قد هواه

barangkali manusia bisa menjual sesuatu yang telah dibeli.. namun ia tak dapat menjual hati yang ia cintai

untukmu kekasih hatiku.. tidaklah aku melihatmu kecuali kebahagiaan menghiasiku.. hiasilah hidupku dengan cintamu.. maka kan ku beri cinta yang lebih dari itu..

Beberapa syair dinukil dari "syair cinta dan rindu", Hamsyah Sahr beberapa yang lain dari berbagai sumber.


Kaidah-kaidah Fiqih

Posted: 29 Jun 2010 12:50 AM PDT

Al Qawaidul Fiqhiyyah (kaidah-kaidah fiqih)  adalah sebuah kitab yang berbentuk nadzham (syair) yang berisi tentang kaidah-kaidah dasar ilmu fiqih. Pengarang kitab nadzham ini adalah seorang ulama terkemuka, Abdurrahman bin Nashir bin Abdullah As-Sa'diy, lahir pada tahun 1307 H di kota Unaizah, Qasim, wilayah Najd, Kerajaan Saudi Arabia. Syaikh As Sa'dy memiliki banyak karangan diantaranya Taisirul Karimil Mannan fi Tafsir Kalamil Rahman (Kemudahan dari Yang Maha Mulia lagi Maha Pemberi dalam Tafsir Kalam Ilahi), Al-Irsyad ilaa Ma'rifatil Ahkam (Petunjuk  untuk memahami hukum-hukum), Ar – Riyadh an-Nadhirah (Taman-taman yang bercahaya), Bahjatu Qulubil Abrar (Kegembiraan hati orang-orang yang bertaqwa), Manhajus Salikin wa Taudhihul Fiqh Fid Diin (Pedoman orang yang beribadah dan pejelasan fiqh dalam agama), dan banyak lagi yang lain.

القواعد الفقهية

الحَمْدُ للهِ العَلِيِّ الأَرْفَقِ * وَجَامِعِ الأَشْيَاءِ وَ المُفَرِّقِ

ذِي النِِّعَمِ الوَاسِعَةِ الغَزِيْرَةْ * وَالحِكَمِ البَاهِرَةِ الكَثِيْرَةْ

ثُمَّ الصَّلاَةُ مَعْ سَلاَمٍ دَائِمِ * عَلَى الرَّسُوْلِ القُرَشِيِّ الخَاتَمِ

وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ الأَبْرَارِ * الحَائِزِيْ مَرَاتِبِ الفَخَارِ

اِعْلَمْ هُدِيْتَ أَنَّ أَفْضَلَ الْمِنَنْ * عِلْمٌ يُزِيْلُ الشَّكَّ عَنْكَ وَ الدَّرَنْ

وَيَكْشِفُ الْحَقَّ لِذِيْ الْقُلُوْبِ * وَيُوْصِلُ الْعَبْدَ إِلَى الْمَطْلُوْبِ

فَاحْرِصْ عَلَى فَهْمِكَ لِْلْقَوَاعِدِ * جَامِعَةِ الْمَسَائِلِ الشَّوَارِدِ

فَتَرْتَقِيْ فِي الْعِلْمِ خَيْرَ مُرْتَقَا * وَتَقْتَفِيْ سُبْلَ الَّذِيْ قَدْ وُفِقَا

وَهَذِهِ قَوَاعِدٌ نَظَمْتُهَا * مِنْ كُتْبِ أَهْلِ الْعِلْمِ قَدْ حَصَلْتُهَا

جَزَاهُمُ الْمَوْلَى عَظِيْمَ الاَجْرِ * وَالْعَفْوَ مَعْ غُفْرَانِهِ وَالْبِرِّ

النِّيَّة شَرْطٌ لِسَائِرِ الْعَمَلْ * بِهَا الصَّلاَحُ وَالفَسَادُ لِلْعَمَلْ

الدِّيْنُ مَبْنِيٌّ عَلَى الْمَصَالِحِ * فِيْ جَلْبِهَا وَالدَّرْءِ لِلْقَبَائِحِ

فَإِنْ تَزَاحَمْ عَدَدُ الْمَصَالِحِ * يُقَدَّمُ الأَعْلَى مِنَ الْمَصَالِحِ

وَضِدُّهُ تَزَاحُمُ الْمَفَاسِدِ * مُرْتَكَبُ الأَدْنَى مِنَ الْمَفَاسِدِ

وَمِنْ قَوَاعِدِ الشَّرِيْعَةِ التَّيْسِيْرُ * فِيْ كُلِّ أَمْرٍ نَابَهُ تَعْسِيْرُ

وَلَيْسَ وَاجِبٌ بِلاَ اقْتِدَارِ * وَلاَ مُحَرَّمٌ مَعَ اضْطِرَارِ

وَكُلُّ مَحْظُوْرٍ مَعَ الضَّرُوْرَةْ * بِقَدْرِ مَا تَحْتَاجُهُ الضَّرُوْرَةْ

وَتَرْجِعُ الأَحْكَامُ لِلْيَقِيْنِ * فَلاَ يُزِيْلُ الشَّكُّ لِلْيَقِيْنِ

وَالأَصْلُ فِيْ مِيَاهِنَا الطَّهَارَةْ * وَالأَرْضِ وَالثِّيَابِ وَالحِجَارَةْ

وَالأَصْلُ فِيْ الأَبْضَاعِ و اللُّحُوْمِ * وَالنَّفْسِ وَالأَمْوَالِ لِلْمَعْصُوْمِ

تَحْرِيْمُهَا حَتَّى يَجِيْئَ الْحِلُّ * فَافْهَمْ هَدَاكَ اللّهُ مَا يُمَلُّ

وَالأَصْلُ فِي عَادَتِنَا الإِبَاحَةْ * حَتَّى يَجِيْئَ صَارِفُ الإِبَاحَةْ

وَلَيْسَ مَشْرُوْعًا مِنَ الأُمُوْرِ * غَيْرَ الَّذِيْ فِيْ شَرْعِنَا مَذْكُوْرِ

وَسَائِلُ الأُمُوْرِ كَالْمَقَاصِدِ * واحْكُمْ بِهَذَا الْحُكْمِ للزَّوَائِدِ

وَالخَطَأْ وَالإِكْرَاهُ وَالنِّسْيَانُ * أَسْقَطَهُ مَعْبُوْدُنَا الرّحْمنُ

لَكِنْ مَعَ الإِتْلاَفِ يَثْبُتُ الْبَدَلْ * وَيَنْتَفِي التَّأْثِيْمُ عَنْهُ وَالزَّلَلْ

وَمِنْ مَسَائِلِ الأَحْكَامِ فِي التَّبَعْ * يَثْبُتُ لاَ إِذَا اسْتَقَلَّ فَوَقَعْ

وَالْعُرْفُ مَعْمُوْلٌ بِهِ إِذَا وَرَدْ * حُكْمٌ مِنَ الشََّرْعِ الشَّرِيْفِ لَمْ يُحَدّْ

مُعَاجِلُ الْمَحْظُوْرِ قَبْلَ آنِهِ * قَدْ بَاءَ بِالْخُسْرَانِ مَعْ حِرْمَانِهِ

وَإِنْ أَتَى التَّحْرِيْمُ فِيْ نَفْسِ الْعَمَلْ * أَوْ شَرْطِهِ فَذُوْ فَسَادٍ وَخَلَلْ

وَمُتْلِفُ مُؤْذِيْهِ لَيْسَ يَضْمَنُ * بَعْدَ الدِّفَاعِ بِالَّتِيْ هِيَ أحْسَنُ

وَأَلْ تُفِيْدُ كُلَّ فِي الْعُمُوْمِ * فِي الْجَمْعِ وَالأِفْرَادِ كَالْعَلِيْمِ

وَالنَّكِرَاتُ فِيْ سِيَاقِ النَّفْيِ * تُعْطِي الْعُمُوْمَ أَوْ سِيَاقِ النَّهْيِ

كَذَاكَ مَنْ وَمَا تُفِيْدَانِ مَعَا * كُلَّ الْعُمُوْمِ يَا أُخَيَّ فَاسْمَعَا

وَمِثْلُهُ المُفْرَدُ إِذْ يُضَافُ * فَافْهَمْ هُدِيْتَ الرُّشْدَ مَا يُضَافُ

وَلاَ يَتِمُّ الْحُكْمُ حَتَّى تَجْتَمِعْ * كُلُّ الشُّرُوْطِ وَالْمَوَانِعْ تَرْتَفِعْ

وَمَنْ أَتَى بِمَا عَلَيْهِ مِنْ عَمَلْ * قَدْ اسْتَحَقَّ مَا لَهُ عَلَى الْعَمَلْ

وَكُلُّ حُكْمٍ دَائِِرٌ مَعْ عِلَّتِهْ * وَهِيَ الَّتِي قَدْ أَوْجَبَتْ لِشِرْعَتِهْ

وَكُلُّ شَرْطٍ لاَزِمٌ لِلْعَاقِدِ * في الْبَيْعِ وَالنِّكَاحِ وَالْمَقَاصِدِ

إِلاَّ شُرُوْطًا حَلَّلَتْ مُحَرَّمَا * أَوْ عَكْسَهُ فَبَاطِلاَتٌ فَاعْلَمَا

تُسْتَعْمَلُ الْقُرْعَةُ عِنْدَ الْمُبْهَمِ * مِنَ الْحُقُوْقِ أَوْ لَدَى التَّزَاحُمِ

وَإِنْ تَسَاوَى الْعَمَلاَنِ اجْتَمَعَا * وَفِعْلُ إِحْدَاهُمَا فَاسْتَمِعَا

وَكُلُّ مَشْغُوْلٍ فَلاَ يُشَغَّلُ * مِثَالُهُ الْمَرْهُوْنُ وَالْمُسَبَّلُ

وَمَنْ يُؤَدِّ عَنْ أَخِيْهِ وَاجِبَا * لَهُ الرُّجُوْعُ إِنْ نَوَى يُطَالِبَا

وَالْوَازِعُ الطَّبْعِيّ عَنِ الْعِصْيَانِ * كَالْوَازِعِ الشَّرْعِيّ بِلاَ نُكْرَانِ

وَالْحَمْدُ لِلّه عَلَى التَّمَامِ * في الْبَدْءِ وَالْخِتَامِ وَالدَّوَامِ

ثُمَّ الصَّلاَةُ مَعْ سَلاَمٍ شَائِعِ * عَلَى النَّبِيّ وَصَحْبِهِ والتَّابِعِ

Kaidah-kaidah Fiqih

الحَمْدُ للهِ العَلِيِّ الأَرْفَقِ * وَجَامِعِ الأَشْيَاءِ وَ المُفَرِّقِ

Segala puji bagi Allah yang Maha Tinggi dan Maha Lembut .. Pengumpul dan Pemisah segala sesuatu

ذِي النِِّعَمِ الوَاسِعَةِ الغَزِيْرَةْ * وَالحِكَمِ البَاهِرَةِ الكَثِيْرَةْ

pemilik nikmat yang luas lagi melimpah serta hikmah yang bersinar lagi banyak

ثُمَّ الصَّلاَةُ مَعْ سَلاَمٍ دَائِمِ * عَلَى الرَّسُوْلِ القُرَشِيِّ الخَاتَمِ

kemudian semoga shalawat serta salam senantiasa atas Rasul penutup dari suku Quraisy

وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ الأَبْرَارِ * الحَائِزِيْ مَرَاتِبِ الفَخَارِ

atas keluarganya, sahabatnya yang baik yang mencapai tingkatan membanggakan

اِعْلَمْ هُدِيْتَ أَنَّ أَفْضَلَ الْمِنَنْ * عِلْمٌ يُزِيْلُ الشَّكَّ عَنْكَ وَ الدَّرَنْ

ketahuilah-semoga kamu diberi petunjuk-bahwa sebaik-baik anugerah adalah lmu yang menghilangkan keraguan dan keburukan

وَيَكْشِفُ الْحَقَّ لِذِيْ الْقُلُوْبِ * وَيُوْصِلُ الْعَبْدَ إِلَى الْمَطْلُوْبِ

serta menyingkap kebenaran bagi pemilik hati dan mengantarkan hamba kepada yang dicari

فَاحْرِصْ عَلَى فَهْمِكَ لِْلْقَوَاعِدِ * جَامِعَةِ الْمَسَائِلِ الشَّوَارِدِ

Maka bersemangatlah dalam mempelajari kaidah-kaidah (fiqh),
yang dapat mengumpulkan banyak masalah yg tidak menyatu
فَتَرْتَقِيْ فِي الْعِلْمِ خَيْرَ مُرْتَقَا * وَتَقْتَفِيْ سُبْلَ الَّذِيْ قَدْ وُفِقَا

Pelajarilah ilmu secara bertahap.. dan ikutilah jalan orang yang benar

وَهَذِهِ قَوَاعِدٌ نَظَمْتُهَا * مِنْ كُتْبِ أَهْلِ الْعِلْمِ قَدْ حَصَلْتُهَا

ini adalah kaidah-kaidah yang aku susun dari kitab-kitab ahli ilmu

جَزَاهُمُ الْمَوْلَى عَظِيْمَ الاَجْرِ * وَالْعَفْوَ مَعْ غُفْرَانِهِ وَالْبِرِّ

Semoga Allah membalas mereka dengan pahala yang besar serta ampunan dan kebaikan Nya

النِّيَّة شَرْطٌ لِسَائِرِ الْعَمَلْ * بِهَا الصَّلاَحُ وَالفَسَادُ لِلْعَمَلْ

Niat adalah syarat bagi semua amal.. Niat lah penentu baik dan rusak nya amal

الدِّيْنُ مَبْنِيٌّ عَلَى الْمَصَالِحِ * فِيْ جَلْبِهَا وَالدَّرْءِ لِلْقَبَائِحِ

Agama ini dibangun atas pengambilan maslahah dan penolakan mafsadah

فَإِنْ تَزَاحَمْ عَدَدُ الْمَصَالِحِ * يُقَدَّمُ الأَعْلَى مِنَ الْمَصَالِحِ

Apabila beberapa maslahat berbenturan, maka didahulukan yang paling utama maslahatnya
وَضِدُّهُ تَزَاحُمُ الْمَفَاسِدِ * مُرْتَكَبُ الأَدْنَى مِنَ الْمَفَاسِدِ

Sebaliknya, Jika beberapa mafsadah bebenturan maka ambillah yang paling kecil kerusakannya
وَمِنْ قَوَاعِدِ الشَّرِيْعَةِ التَّيْسِيْرُ * فِيْ كُلِّ أَمْرٍ نَابَهُ تَعْسِيْرُ

Diantara kaidah syara’ kita adalah "memudahkan" pada setiap perkara yang terlihat sulit
وَلَيْسَ وَاجِبٌ بِلاَ اقْتِدَارِ * وَلاَ مُحَرَّمٌ مَعَ اضْطِرَارِ

Bukan lah suatu kewajiban jika tiada kemampuan dan tidak ada yang diharamkan saat darurat

وَكُلُّ مَحْظُوْرٍ مَعَ الضَّرُوْرَةْ * بِقَدْرِ مَا تَحْتَاجُهُ الضَّرُوْرَةْ

Setiap yang dilarang saat keadaan darurat (diperbolehkan) sekedar memenuhi kebutuhan daruratnya saja

وَتَرْجِعُ الأَحْكَامُ لِلْيَقِيْنِ * فَلاَ يُزِيْلُ الشَّكُّ لِلْيَقِيْنِ

Hukum itu dikembalikan pada keyakinan maka keraguan tidak dapat menghilangkan keyakinan

وَالأَصْلُ فِيْ مِيَاهِنَا الطَّهَارَةْ * وَالأَرْضِ وَالثِّيَابِ وَالحِجَارَةْ

Hukum asal air, tanah, pakaian, dan batu adalah suci
وَالأَصْلُ فِيْ الأَبْضَاعِ و اللُّحُوْمِ * وَالنَّفْسِ وَالأَمْوَالِ لِلْمَعْصُوْمِ

Hukum asal jima’, daging, jiwa, dan harta bagi seorang muslim itu:

تَحْرِيْمُهَا حَتَّى يَجِيْئَ الْحِلُّ * فَافْهَمْ هَدَاكَ اللّهُ مَا يُمَلُّ

Hukumnya haram sampai datang yang menghalalkannya.. Maka pahamilah.. Semoga Allah memberimu petunjuk pada apa yang diharapkan..

وَالأَصْلُ فِي عَادَتِنَا الإِبَاحَةْ * حَتَّى يَجِيْئَ صَارِفُ الإِبَاحَةْ

Hukum asal adat istiadat adalah mubah sampai datang dalil yang merubah hukum mubahnya

وَلَيْسَ مَشْرُوْعًا مِنَ الأُمُوْرِ * غَيْرَ الَّذِيْ فِيْ شَرْعِنَا مَذْكُوْرِ

Setiap perkara yang dalam syariat tidak disebutkan maka tidak disyariatkan

وَسَائِلُ الأُمُوْرِ كَالْمَقَاصِدِ * واحْكُمْ بِهَذَا الْحُكْمِ للزَّوَائِدِ
Hukum wasilah / jalan menuju sesuatu itu seperti hukum tujuannya.. Ambillah hukum ini untuk tambahan..

وَالخَطَأْ وَالإِكْرَاهُ وَالنِّسْيَانُ * أَسْقَطَهُ مَعْبُوْدُنَا الرّحْمنُ

Salah, terpaksa, dan lupa itu dimaafkan oleh rabb yang kita sembah, Ar Rahman

لَكِنْ مَعَ الإِتْلاَفِ يَثْبُتُ الْبَدَلْ * وَيَنْتَفِي التَّأْثِيْمُ عَنْهُ وَالزَّلَلْ

akan tetapi jika disertai pelanggaran (hak manusia), ia wajib menggantinya dan berguguran lah dosa dan kesalahan

وَمِنْ مَسَائِلِ الأَحْكَامِ فِي التَّبَعْ * يَثْبُتُ لاَ إِذَا اسْتَقَلَّ فَوَقَعْ

Diantara hukum hukum fiqih adalah taba’[1], ia bisa tetap hukumnya (jika diikutkan dengan yang lain), meski hal itu tidak bisa ditetapkan bila berdiri sendiri

وَالْعُرْفُ مَعْمُوْلٌ بِهِ إِذَا وَرَدْ * حُكْمٌ مِنَ الشََّرْعِ الشَّرِيْفِ لَمْ يُحَدّْ
Urf (kebiasaan setempat) itu (boleh) dipergunakan jika terdapat hukum syariat yang tidak dibatasi

مُعَاجِلُ الْمَحْظُوْرِ قَبْلَ آنِهِ * قَدْ بَاءَ بِالْخُسْرَانِ مَعْ حِرْمَانِهِ

Orang yang menyegerakan hal yang dilarang sebelum waktunya itu sungguh memperoleh kerugian serta keharamannya

وَإِنْ أَتَى التَّحْرِيْمُ فِيْ نَفْسِ الْعَمَلْ *أَوْ شَرْطِهِ فَذُوْ فَسَادٍ وَخَلَلْ

Jika datang pengharaman (syariat) pada suatu amal atau pada syarat nya maka amal itu (pada hakikatnya) rusak dan tercela

وَمُتْلِفُ مُؤْذِيْهِ لَيْسَ يَضْمَنُ * بَعْدَ الدِّفَاعِ بِالَّتِيْ هِيَ أحْسَنُ

Orang yang merusak sesuatu yg mengganggunya, tidaklah menanggung akibatnya,
jika ia telah berusaha menolaknya dengan cara yg lebih bijaksana.

وَأَلْ تُفِيْدُ كُلَّ فِي الْعُمُوْمِ * فِي الْجَمْعِ وَالأِفْرَادِ كَالْعَلِيْمِ

dan "Al" pada jamak dan mufrad itu memberi faidah keumuman pada segala hal

وَالنَّكِرَاتُ فِيْ سِيَاقِ النَّفْيِ * تُعْطِي الْعُمُوْمَ أَوْ سِيَاقِ النَّهْيِ

Dan juga nakirah pada kalimat peniadaan dan larangan memberikan makna umum

كَذَاكَ مَنْ وَمَا تُفِيْدَانِ مَعَا * كُلَّ الْعُمُوْمِ يَا أُخَيَّ فَاسْمَعَا

Begitupula kata "مَنْ (siapa)" dan " مَا(apa)", keduanya memberikan makna umum wahai saudaraku.. maka dengarkanlah..

وَمِثْلُهُ المُفْرَدُ إِذْ يُضَافُ * فَافْهَمْ هُدِيْتَ الرُّشْدَ مَا يُضَافُ

dan contoh lainnya, kata mufrad jika diidhafahkan.. maka pahamilah semoga kamu diberi petunjuk

وَلاَ يَتِمُّ الْحُكْمُ حَتَّى تَجْتَمِعْ * كُلُّ الشُّرُوْطِ وَالْمَوَانِعْ تَرْتَفِعْ

Tidak sempurna suatu hukum sampai terpenuhi semua syarat nya dan hilang semua mawani’ (pencegah) nya

وَمَنْ أَتَى بِمَا عَلَيْهِ مِنْ عَمَلْ * قَدْ اسْتَحَقَّ مَا لَهُ عَلَى الْعَمَلْ
Orang yang memenuhi syarat dari suatu amal, maka ia berhak mendapatkan balasan (pahala) nya

وَكُلُّ حُكْمٍ دَائِِرٌ مَعْ عِلَّتِهْ * وَهِيَ الَّتِي قَدْ أَوْجَبَتْ لِشِرْعَتِهْ

Setiap hukum itu terkait dengan ‘illat yaitu sesuatu yang mewajibkan syariat suatu hukum

وَكُلُّ شَرْطٍ لاَزِمٌ لِلْعَاقِدِ * في الْبَيْعِ وَالنِّكَاحِ وَالْمَقَاصِدِ

Setiap syarat yang diajukan oleh pembuat akad dalam jual-beli, pernikahan, dan tujuan lain itu wajib (dipenuhi)

إِلاَّ شُرُوْطًا حَلَّلَتْ مُحَرَّمَا * أَوْ عَكْسَهُ فَبَاطِلاَتٌ فَاعْلَمَا

Kecuali syarat-syarat yang menghalalkan apa yang haram dan kebalikan nya maka ketahuilah bahwa ini syarat yang bathil

تُسْتَعْمَلُ الْقُرْعَةُ عِنْدَ الْمُبْهَمِ * مِنَ الْحُقُوْقِ أَوْ لَدَى التَّزَاحُمِ

Undian itu (boleh) digunakan ketika ada hak-hak yang samar atau banyaknya orang

وَإِنْ تَسَاوَى الْعَمَلاَنِ اجْتَمَعَا * وَفِعْلُ إِحْدَاهُمَا فَاسْتَمِعَا

Jika ada dua amal sejenis yang berkumpul maka cukup sekali dilakukan.. perhatikanlah..

وَكُلُّ مَشْغُوْلٍ فَلاَ يُشَغَّلُ * مِثَالُهُ الْمَرْهُوْنُ وَالْمُسَبَّلُ

Setiap hal yang sedang dalam proses tidak boleh diproses contohnya benda yang digadai atau diwakafkan

وَمَنْ يُؤَدِّ عَنْ أَخِيْهِ وَاجِبَا * لَهُ الرُّجُوْعُ إِنْ نَوَى يُطَالِبَا

Orang yang memiliki kewajiban (hutang) dari saudaranya, maka ia wajib mengembalikkannya jika saudaranya berniat memintanya

وَالْوَازِعُ الطَّبْعِيّ عَنِ الْعِصْيَانِ * كَالْوَازِعِ الشَّرْعِيّ بِلاَ نُكْرَانِ

Tidak ada yg mengingkari, bahwa dorongan tabiat untuk meninggalkan maksiat
Itu seperti dorongan syariat untuk meninggalkannya

وَالْحَمْدُ لِلّه عَلَى التَّمَامِ * في الْبَدْءِ وَالْخِتَامِ وَالدَّوَامِ

Segala puji bagi Allah di permulaan dan di penutupan serta setiap saat..

ثُمَّ الصَّلاَةُ مَعْ سَلاَمٍ شَائِعِ * عَلَى النَّبِيّ وَصَحْبِهِ والتَّابِعِ

Kemudian shalawat serta salam semoga tercurah atas Nabi, Sahabat, dan Tabi’in


[1] taba': sesuatu yg ada karena mengikuti keberadaan hal lain, bukan sesuatu yg berdiri sendiri


Kitab Puasa – Matan Abi Syujaa’

Posted: 29 Jun 2010 12:15 AM PDT

Kitab Matan Al Ghayah wa At Taqrib atau juga dikenal dengan Matan Abi Syujaa' adalah sebuah kitab fiqih dasar yang memuat hukum-hukum fiqih  madzhab syafi'i.  Kitab ini hanya berisi poin-poin penting kesimpulan madzhab syafi'i tanpa dikemukakan dalil-dalil dari Al Qur'an dan sunnah. Hal ini disesuaikan dengan tujuan penyusunan kitab ini agar mudah dipelajari dan dihapal oleh para penuntut ilmu.

كتاب الصيام

وشرائط وجوب الصيام أربعة أشياء: الإسلام والبلوغ والعقل والقدرة على الصوم.

وفرائض الصوم أربعة أشياء: النية والإمساك عن الأكل والشرب والجماع وتعمد القيء.

والذي يفطر به الصائم عشرة أشياء: ما وصل عمدا إلى الجوف والرأس والحقنة في أحد السبيلين والقيء عمدا والوطء عمدا في الفرج والإنزال عن مباشرة والحيض والنفاس والجنون والردة.

ويستحب في الصوم ثلاثة أشياء: تعجيل الفطر وتأخير السحور وترك الهجر من الكلام.

ويحرم صيام خمسة أيام: العيدان وأيام التشريق الثلاثة.

ويكره صوم يوم الشك إلا أن يوافق عادة له.

ومن وطئ في نهار رمضان عامدا في الفرج فعليه القضاء والكفارة وهي: عتق رقبة مؤمنة فإن لم يجد فصيام شهرين متتابعين فإن لم يستطع فإطعام ستين مسكينا لكل مسكين مد.

ومن مات وعليه صيام من رمضان أطعم عنه لكل يوم مد.

والشيخ إن عجز عن الصوم يفطر ويطعم عن كل يوم مدا. والحامل والمرضع إن خافتا على أنفسهما: أفطرتا وعليهما القضاء وإن خافتا على أولادهما: أفطرتا وعليهما القضاء والكفارة عن كل يوم مد وهو رطل وثلث بالعراقي والمريض والمسافر سفرا طويلا يفطران ويقضيان.

(فصل) والاعتكاف سنة مستحبة وله شرطان: النية والبث في المسجد.

ولا يخرج من الاعتكاف المنذور إلا لحاجة الإنسان أو عذر من حيض أو مرض لا يمكن المقام معه ويبطل بالوطء.

Kitab Puasa

Syarat Wajib Puasa

Syarat wajib puasa itu ada empat:

  1. Islam
  2. Baligh
  3. Berakal
  4. Mampu berpuasa

Kewajiban dalam Berpuasa

Kewajiban (fardhu) dalam berpuasa itu ada empat:

  1. Niat
  2. Menahan diri dari makan dan minum
  3. Menahan diri dari bersetubuh
  4. Tidak melakukan muntah dengan sengaja

Pembatal Puasa

Perkara yang membatalkan puasa ada sepuluh:

  1. Memasukkan sesuatu ke tenggorokkan dengan sengaja
  2. Memasukkan sesuatu ke kepala dengan sengaja
  3. Memasukkan sesuatu ke salah satu dari dua lubang (qubul dan dubur) dengan sengaja
  4. Muntah dengan sengaja
  5. Bersetubuh dengan sengaja
  6. Keluar air mani karena bermesraan (mubasyarah) dengan istri
  7. Haidh
  8. Nifas
  9. Gila
  10. Murtad

Sunnah-sunnah dalam Berpuasa

Perkara yang disunnahkan dalam berpuasa ada tiga:

  1. Menyegerakan berbuka
  2. Mengakhirkan sahur
  3. Menjauhi ucapan yang kotor/keji

Hari-hari yang Dilarang Berpuasa Padanya

Diharamkan berpuasa pada lima hari: Dua hari raya (idul fithri & idul adha) dan tiga hari tasyriq (11,12,13, dzulhijjah).

Dimakruhkan berpuasa pada hari syak (satu atau dua hari sebelum Ramadhan) kecuali jika bertepatan dengan kebiasaan berpuasa seseorang.

Keringanan, Qadha, dan Kafarat berpuasa

  1. Orang yang bersetubuh di siang hari bulan Ramadhan dengan sengaja maka wajib atas nya mengganti (qadha) puasanya dan membayar kafarat, yaitu membebaskan seorang budak yang mu'min. Jika tidak ada, maka dengan berpuasa dua bulan berturut-turut. Jika tidak mampu, maka cukup dengan memberi makan enam puluh orang miskin masing-masing satu mud.
  2. Orang yang meninggal dan memiliki hutang puasa, ahli waris nya menggantikan puasa nya dengan memberi makan orang miskin  sebanyak hari yang ditinggalkannya masing-masing satu mud.
  3. Orang yang sudah lanjut usia jika sulit baginya untuk berpuasa maka ia memberi makan orang maskin sebanyak satu mud untuk setiap hari yang ditinggalkan.
  4. Orang yang hamil dan menyusui jika mereka mengkhawatirkan diri dan kandungan atau bayinya diperbolehkan untuk tidak berpuasa namun diwajibkan mengganti (qadha) puasanya. Jika mereka hanya mengkhawatirkan kandungan atau bayinya saja, mereka boleh tidak berpuasa namun wajib membayar qadha serta kafarat untuk setiap harinya satu mud. Satu mud adalah 1 1/3 rithl Iraq.
  5. Orang yang sakit dan sedang dalam perjalanan jauh dibolehkan tidak berpuasa namun wajib baginya membayar qadha.

Hukum I’tikaf

I'tikaf merupakan sunnah yang sangat dianjurkan. Syarat I'tikaf ada dua:

  1. Niat
  2. Berdiam diri (tinggal)  di masjid

Orang yang sedang melakukan i'tikaf nadzar tidak diperbolehkan keluar dari masjid kecuali untuk memenuhi hajat manusiawi atau adanya udzur syar'iy seperti haidh atau sakit yang tidak memungkinkan baginya untuk tinggal di masjid. I'tikaf batal dengan sebab bersetubuh.


Kitab Thaharah (Bersuci) – Matan Abi Syujaa’

Posted: 28 Jun 2010 11:55 PM PDT

Kitab Matan Al Ghayah wa At Taqrib atau juga dikenal dengan Matan Abi Syujaa’ adalah sebuah kitab fiqih dasar yang memuat hukum-hukum fiqih  madzhab syafi’i.  Kitab ini hanya berisi poin-poin penting kesimpulan madzhab syafi’i tanpa dikemukakan dalil-dalil dari Al Qur’an dan sunnah. Hal ini disesuaikan dengan tujuan penyusunan kitab ini agar mudah dipelajari dan dihapal oleh para penuntut ilmu. Insya Allah kami akan menerjemahkan kitab ini bab per bab  sampai selesai.  Semoga Allah memberikan kami kekuatan dan hidayah Nya.. Semoga Allah memuliakan ummat islam dengan ilmu..

الحمد لله رب العالمين وصلى الله على سيدنا محمد النبي الأمي وآله الطاهرين وصحابته أجمعين

قال القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني رحمة الله تعالى ،  سألني بعض الأصدقاء حفظهم الله تعالى ،  أن أعمل مختصرا في الفقه على مذهب الإمام الشافعي رحمة الله عليه ورضوانه ،  في غاية الاختصار ونهاية الإيجاز ليقرب على المتعلم درسه ويسهل على المبتدئ حفظه ،  وأن أكثر من التقسيمات وحصر الخصال فأجبته إلى ذلك ، طالبا للثواب راغبا إلى الله تعالى في التوفيق للصواب إنه على ما يشاء قدير وبعباده لطيف خبير

المياه التي يجوز بها التطهير سبع مياه ماء السماء وماء البحر وماء النهر وماء البئر وماء العين وماء الثلج وماء البرد ثم المياه على أربعة أقسام طاهر مطهر، مكروه وهو الماء المشمس وطاهر غير مطهر وهو الماء المستعمل والمتغير بما خالطه من الطاهرات وماء نجس وهو الذي حلت فيه نجاسة وهو دون القلتين أو كان قلتين فتغير والقلتان خمسمائة رطل بغدادي تقريبا في الأصح.

(فصل) وجلود الميتة تطهر بالدباغ إلا جلد الكلب والخنزير وما تولد منهما أو من أحدهما وعظم الميتة وشعرها نجس إلا الآدمي. ولا يجوز استعمال أواني الذهب والفضة ويجوز استعمال غيرهما من الأواني.

(فصل) والسواك مستحب في كل حال إلا بعد الزوال للصائم وهو في ثلاثة مواضع أشد استحبابا: عند تغير الفم من أزم وغيره وعند القيام من النوم وعند القيام إلى الصلاة.

(فصل) وفروض الوضوء ستة أشياء النية عند غسل الوجه وغسل الوجه وغسل اليدين إلى المرفقين ومسح بعض الرأس وغسل الرجلين إلى الكعبين والترتيب على ما ذكرناه.

(فصل) وسننه عشرة أشياء التسمية وغسل الكفين قبل إدخالهما الإناء والمضمضة والاستنشاق ومسح جميع الرأس ومسح الأذنين ظاهرهما وباطنهما بماء جديد وتخليل اللحية الكثة وتخليل أصابع اليدين والرجلين وتقديم اليمنى على اليسرى والطهارة ثلاثا ثلاثا والمولاة.

(فصل) والاستنجاء واجب من البول والغائط والأفضل أن يستنجي بالأحجار ثم يتبعها بالماء ويجوز أن يقتصر على الماء أو على ثلاثة أحجار ينقي بهن المحل فإذا أراد الاقتصار على أحدهما فالماء أفضل. ويجتنب استقبال القبلة واستدبارها في الصحراء ويجتنب البول والغائط في الماء الراكد وتحت الشجرة المثمرة وفي الطريق والظل والثقب ولا يتكلم على البول ولا يستقبل الشمس والقمر ولا يستدبرهما.

(فصل) والذي ينقض الوضوء ستة أشياء ما خرج من السبيلين والنوم على غير هيئة المتمكن وزوال العقل بسكر أو مرض ولمس الرجل المرأة الأجنبية من غير حائل ومس فرج الآدمي بباطن الكف ومس حلقة دبره على الجديد.

(فصل) والذي يوجب الغسل ستة أشياء ثلاثة تشترك فيها الرجال والنساء وهي التقاء الختانين وإنزال المني والموت وثلاثة يختص بها النساء وهي الحيض والنفاس والولادة.

(فصل) وفرائض الغسل ثلاثة أشياء النية وإزالة النجاسة إن كانت على بدنه وإيصال الماء إلى جميع الشعر والبشرة. وسننه خمسة أشياء التسمية والوضوء قبله وإمرار اليد على الجسد والمولاة وتقديم اليمنى على اليسرى.

(فصل) والاغتسالات المسنونة سبعة عشر غسلا غسل الجمعة والعيدين والاستسقاء والخسوف والكسوف والغسل من غسل الميت والكافر إذا أسلم والمجنون والمغمى عليه إذا أفاقا والغسل عند الإحرام ولدخول مكة وللوقوف بعرفة وللمبيت بمزدلفة ولرمي الجمار الثلاث وللطواف.

(فصل) والمسح على الخفين جائز بثلاث شرائط أن يبتدئ لبسهما بعد كمال الطهارة وأن يكونا ساترين لمحل الفرض من القدمين وأن يكونا مما يمكن تتابع المشي عليهما ويمسح المقيم يوما وليلة والمسافر ثلاثة أيام بلياليهن وابتداء المدة من حين يحدث بعد لبس الخفين فإن مسح في الحضر ثم سافر أو مسح في السفر ثم أقام أتم مسح مقيم. ويبطل المسح بثلاثة أشياء بخلعهما وانقضاء المدة وما يوجب الغسل.

(فصل) وشرائط التيمم خمسة أشياء: وجود العذر بسفر أو مرض، ودخول وقت الصلاة، وطلب الماء، وتعذر استعماله وإعوازه بعد الطلب، والتراب الطاهر الذي له غبار فإن خالطه جص أو رمل لم يجز. وفرائضه أربعة أشياء: النية ومسح الوجه ومسح اليدين مع المرفقين والترتيب. وسننه ثلاثة أشياء: التسمية وتقديم اليمنى على اليسرى والمولاة.

(فصل) والذي يبطل التيمم ثلاثة أشياء ما أبطل الوضوء ورؤية الماء في غير وقت الصلاة والردة. وصاحب الجبائر يمسح عليها ويتيمم ويصلي ولا إعادة عليه إن كان وضعها على طهر ويتيمم لكل فريضة ويصلي بتيمم واحد ما شاء من النوافل.

(فصل) وكل مائع خرج من السبيلين نجس إلا المني وغسل جميع الأبوال والأرواث واجب إلا بول الصبي الذي لم يأكل الطعام فإنه يطهر برش الماء عليه ولا يعفى عن شيء من النجاسات إلا اليسير من الدم وما لا نفس له سائلة إذا وقع في الإناء ومات فيه فإنه لا ينجسه والحيوان كله طاهر إلا الكلب والخنزير وما تولد منهما أو من أحدهما والميتة كلها نجسة إلا السمك والجراد والآدمي ويغسل الإناء من ولوغ الكلب والخنزير سبع مرات إحداهن بالتراب ويغسل من سائر النجاسات مرة تأتي عليه والثلاثة أفضل وإذا تخللت الخمرة بنفسها طهرت وإن خللت بطرح شيء فيها لم تطهر.

(فصل) ويخرج من الفرج ثلاثة دماء دم الحيض والنفاس والاستحاضة فالحيض هو الدم الخارج من فرج المرأة على سبيل الصحة من غير سبب الولادة ولونه أسود محتدم لذاع والنفاس هو الدم الخارج عقب الولادة والاستحاضة هو الدم الخارج في غير أيام الحيض والنفاس وأقل الحيض يوم وليلة وأكثره خمسة عشر يوما وغالبه ست أو سبع وأقل النفاس لحظه وأكثره ستون يوما وغالبه أربعون وأقل الطهر بين الحيضتين خمسة عشر يوما ولا حد لأكثره وأقل زمن تحيض فيه المرأة تسع سنين وأقل الحمل ستة أشهر وأكثره أربع سنين وأقل الحمل ستة أشهر وأكثرها أربع سنين وغالبه تسعة أشهر. ويحرم بالحيض والنفاس ثمانية أشياء الصلاة والصوم وقراءة القرآن ومس المصحف وحمله ودخول المسجد والطواف والوطء والاستمتاع بما بين السرة والركبة. ويحرم على الجنب خمسة أشياء الصلاة وقراءة القرآن ومس المصحف وحمله والطواف واللبث في المسجد. ويحرم على المحدث ثلاثة أشياء الصلاة والطواف ومس المصحف وحمله.

Segala puji bagi Allah , tuhan seluruh alam.. Semoga Shalawat senantiasa tercurah atas pemimpin kita, Muhammad, Nabi yang ummiy dan atas keluarganya yang suci dan para sahabatnya sekalian.. Telah berkata Al Qadhy Abu Syuja', Ahmad bin Al Husain bin Ahmad Al Ashfahaniy – Semoga Allah merahmatinya- :"Beberapa temanku – semoga Allah memelihara mereka- memintaku untuk meringkas masalah fiqih dalam madzhab Al Imam Asy Syafi'I –Semoga Allah merahmati dan meridhainya- supaya mudah dipelajari oleh para penuntut ilmu dan mudah dihafal untuk para pemula dan mereka memintaku untuk memperbanyak bab-bab pembahasan kemudian membatasi sifat-sifat nya, maka aku menjawab permintaan mereka dengan mengharapkan pahala dan petunjuk kepada kebenaran dari Allah ta'ala. Sesungguhnya Allah Maha Mentakdirkan segala sesuatu dan Maha Lembut lagi Maha Mengetahui hamba Nya"

Kitab Bersuci

Hukum Air

Air yang boleh dipergunakan untuk bersuci ada 7 macam yaitu air hujan, air laut, air sungai, air sumur, air dari mata air, air salju, dan air dingin (es / embun). Air itu ada empat jenis:

  1. Air suci dan mensucikan
  2. Air Makruh, yaitu air yang dijemur di bawah terik matahari
  3. Air suci tetapi tidak mensucikan, yaitu air yang telah dipergunakan (air musta'mal) dan berubah (air mutaghayyar) setelah bercampur dengan sesuatu yang suci
  4. Air najis, yaitu air yang terkena benda najis dan kurang dari dua qulah atau lebih dari dua qulah akan tetapi air nya berubah. Dua qulah itu setara dengan 500 rithl Baghdad menurut pendapat yang paling shahih.

Hukum Kulit Bangkai dan Penggunaan Emas dan Perak

Kulit bangkai itu dapat disucikan dengan disamak kecuali kulit anjing dan babi serta yang dilahirkan dari keduanya atau salah satunya. Tulang dan rambut bangkai itu najis kecuali tulang dan rambut manusia. Tidak diperbolehkan menggunakan bejana yang terbuat dari emas dan perak dan diperbolehkan menggunakan bejana yang terbuat dari selain keduanya.

Hukum Bersiwak

Bersiwak itu disunnahkan dalam setiap keadaan kecuali setelah tergelincirnya matahari bagi orang-orang yang berpuasa. Bersiwak itu sangat dianjurkan pada tiga keadaan: ketika terjadi bau mulut, bangun dari tidur, dan ketika hendak shalat.

Kewajiban dalam Berwudhu

Kewajiban (fardhu) dalam berwudhu itu ada 6: Berniat ketika membasuh wajah, membasuh wajah, membasuh kedua tangan sampai sikut, menyapu sebagian kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki, dan berurutan.

Sunnah-sunnah dalam Berwudhu

Sunnah-sunnah dalam berwudhu ada 10: membaca basmalah, membasuh kedua telapak tangan sebelum memasukkannya ke dalam kolam wudhu, berkumur-kumur, memasukkan air ke hidung (istinsyaq), menyapu semua bagian kepala, menyapu kedua telinga bagian luar dan dalam dengan air yang baru, menyela-nyela jenggot yang lebat, menyela sela-sela jari tangan dan kaki, mendahulukan yang kanan atas yang kiri, melakukan tiap gerakan tiga kali, dan berturut-turut (tanpa jeda).

Hukum Beristinja (Membersihkan Hadats Kecil)

Beristinja dari buang air kecil dan besar adalah wajib. Beristinja dengan batu terlebih dahulu kemudian dengan air adalah yang paling utama. Seseorang boleh mencukupkan diri  beristinja dengan menggunakan air saja atau dengan tiga buah batu yang dapat membersihkan tempat yang najis. Jika ia hanya ingin menggunakan salah satu nya, maka menggunakan air itu lebih utama. Hendaknya ia tidak menghadap kiblat atau membelakanginya jika ia ada di padang pasir (tanpa dinding) dan menghindari buang air kecil dan air besar di air yang tenang (tidak mengalir), di bawah pohon yang berbuah, di jalan, di tempat berteduh, dan di lubang. Hendaknya ia juga tidak berbicara selagi buang air kecil, tidak pula menghadap matahari dan bulan atau membelakanginya.

Hal yang Membatalkan Wudhu

Perkara yang membatalkan wudhu itu ada enam:

  1. Keluar sesuatu dari dua jalan (qubul dan dubur)
  2. Tidur dengan posisi yang tidak tegak
  3. Hilangnya akal karena mabuk atau sakit
  4. Bersentuhan dengan lawan jenis tanpa penghalang
  5. Menyentuh kemaluan dengan telapak tangan
  6. Menyentuh bundaran dubur – menurut pendapat terbaru (qaul jadid)

Hal yang Mewajibkan Mandi

Perkara yang mewajibkan mandi itu ada tiga. Hal ini berlaku baik untuk laki-laki maupun perempuan.

  1. Bertemunya dua kelamin
  2. Keluar air mani
  3. Kematian (mayyit)

Adapun yang dikhususkan untuk para wanita ada tiga:

  1. Haidh
  2. Nifas
  3. Melahirkan

Rukun Mandi Wajib

Kewajiban (fardhu) dalam mandi wajib ada tiga:

  1. Niat
  2. Menghilangkan najis yang menempel di badan
  3. Mengalirkan air ke seluruh rambut dan kulit (seluruh tubuh)

Sunnah-sunnah dalam Mandi Wajib

Sunnah-sunnah dalam mandi wajib ada lima:

  1. Membaca basmalah
  2. Berwudhu sebelum mandi
  3. Menggosok / membasuh tubuh dengan tangan
  4. Berturut-turut (tanpa jeda)
  5. Mendahulukan anggota tubuh yang kanan

Mandi-mandi yang Disunnahkan

Mandi sunnah itu ada tujuh belas yaitu pada hari juma't, Pada dua hari raya, Pada shalat istisqa, Pada Shalat Khusuf, Pada Shalat kusuf, Orang yang memandikan mayyit, Orang kafir yang masuk islam, Orang gila yang kembali normal, Orang pingsan setelah sadar, Orang yang berihram, Orang yang memasuki mekkah, Orang yang wukuf di arafah, Orang yang bermalam di Muzdalifah, Orang yang melontarkan jumrah yang tiga, dan Orang yang berthawaf, Orang yang melakukan sa’i, Orang yang memasuki Madinah.

Hukum Mengusap Khuf (sepatu)

Mengusap khuf (sepatu) diperbolehkan dengan tiga syarat:

  1. Memakai khuf dalam keadaan suci
  2. Kedua Khuf nya menutupi seluruh bagian kaki yang wajib dibasuh
  3. Kedua khuf nya dipakai untuk berjalan secara terus menerus

Orang yang muqim diperbolehkan mengusap khuf nya dalam rentang waktu sehari semalam sedangkan musafir tiga hari,tiga malam. Masa nya dihitung mulai dari saat ia berhadats setelah memakai khuf nya. Jika seseorang mengusap khuf nya dalam keadaan muqim kemudian safar atau mengusap dalam keadaan safar kemudian bermuqim maka ia menyempurnakan waktu usapan orang yang muqim. Perkara yang membatalkan usapan khuf ada tiga:

  1. Melepaskan khuf
  2. Masa nya sudah habis
  3. Semua hal yang mewajibkan mandi

Syarat-syarat  Tayammum

Syarat tayammum ada lima:

  1. Ada udzur safar atau sakit
  2. Masuk waktu shalat
  3. Sudah berusaha mencari air
  4. Mendapat udzur karena dalam keadaan kesulitan air
  5. Menggunakan debu suci yang tidak bercampur zat lain. Jika bercampur dengan kapur atau pasir,maka tidak boleh

Kewajiban dan Sunnah dalam bertayammum

Kewajiban (fardhu) dalam bertayammum ada empat:

  1. Niat
  2. Menyapu wajah
  3. Menyapu kedua tangan sampai sikut
  4. Tertib (berurutan)

Sunnah-sunnah dalam bertayammum ada tiga:

  1. Membaca basmalah
  2. Mendahulukan anggota tubuh bagian kanan
  3. Terus-menerus (tanpa jeda)

Pembatal Tayammum

Pembatal tayammum itu ada tiga:

  1. Semua pembatal wudhu
  2. Melihat air di luar waktu shalat
  3. Murtad

Orang yang bagian tubuhnya diperban, maka ia melakukan sapuan di atas perban nya kemudian ia bertayammum dan shalat. Ia tidak diharuskan mengulangi shalatnya jika ia meletakkan perbannya di atas yang suci. Seseorang harus memperbaharui tayammum setiap kali ingin shalat fardhu akan tetapi ia cukup sekali tayammum untuk shalat-shalat sunnah.

Pembahasan Najis

Semua zat yang keluar dari dua jalan (qubul dan dubur) itu najis kecuali air mani. Hukum mencuci air kencing dan kotoran (tahi) adalah wajib kecuali kencing bayi laki-laki yang belum makan makanan (selain asi), cara mensucikannya cukup dengan dipercikkan air di atas nya. Semua najis tidak dimaafkan hukumnya kecuali darah yang sangat sedikit dan hewan yang tidak memiliki  darah yang mengalir. Jika hewan ini jatuh ke dalam bejana dan mati, maka ia tidak membuatnya najis. Semua hewan itu suci kecuali anjing dan babi dan keturunan dari keduanya atau salah satunya. Semua bangkai itu najis kecuali bangkai ikan, belalang, dan manusia. Bejana yang dijilat anjing dan babi harus dicuci dengan tujuh basuhan, salah satu basuhan nya dengan tanah. Adapun najis selainnya cukup dengan sekali basuhan akan tetapi tiga basuhan lebih utama. Apabila khamr berubah menjadi zat lain dengan sendirinya, maka itu suci akan tetapi jika dicampurkan sesuatu, maka tetap najis.

Hukum Seputar Haidh dan Nifas

Darah yang keluar dari kemaluan wanita ada tiga macam:

  1. Haidh
  2. Nifas
  3. Istihadhah

Haidh adalah darah yang keluar dari kemaluan wanita dalam keadaan sehat (kebiasaan rutin) dan bukan karena melahirkan. Warnanya merah kehitaman dan berbau menyengat (khas). Nifas adalah darah yang keluar dengan sebab melahirkan. Istihadhah adalah darah yang keluar pada selain hari-hari (kebiasaan) haidh dan nifas. Waktu haidh yang paling cepat adalah sehari semalam, paling lama lima belas hari dan kebiasaan rata-rata para wanita itu enam atau tujuh hari. Waktu nifas yang paling cepat adalah sekejap(langsung berhenti segera setalhmelahirkan), paling lama enam puluh hari, dan kebiasaan rata-rata para wanita itu empat puluh hari. Waktu suci antara dua haidh paling cepat lima belas hari dan tidak ada batasan paling lamanya. Umur wanita mengalami haidh pertama paling cepat adalah Sembilan tahun. Masa kehamilan paling cepat adalah enam bulan,paling lama empat tahun, dan normal nya Sembilan bulan. Ada delapan perkara yang haram dilakukan oleh wanita yang haidh atau nifas:

  1. Shalat
  2. Puasa
  3. Membaca Al Qur'an
  4. Menyentuh dan membawa mushaf
  5. Masuk masjid
  6. Thawaf
  7. Bersetubuh
  8. Bercengkerama dengan suami pada daerah antara pusar dan lutut.

Larangan Untuk Orang yang Junub

Orang yang junub diharamkan melakukan lima perkara:

  1. Shalat
  2. Membaca Al Qur'an
  3. Menyentuh dan membawa mushaf
  4. Thawaf
  5. Berdiam diri di dalam masjid

Larangan Bagi Orang yang Berhadats

Orang yang berhadats diharamkan melakukan tiga perkara:

  1. Shalat
  2. Thawaf
  3. Menyentuh mushaf dan membawanya




Hadits Dhaif – Syarah Al Mandzhumah Al Baiquniyyah

Posted: 28 Jun 2010 08:59 PM PDT

At Ta'liqat Al Atsariyyah 'ala Al Mandzhumah Al Baiquniyyah adalah salah satu kitab penjelasan (syarah) dari kitab Al Mandzhumah Al Baiquniyyah yang dikarang oleh ulama terkemuka masa kini, Syaikh Ali Hasan Abdul Hamid Al Halaby. Insya Allah kami akan menerjemahkan kitab ini per pembahasan sampai selesai. Sebaiknya  antum membaca dulu terjemah kitab Al Mandzhumah Al Baiquniyyah.  Semoga Allah memuliakan ummat islam dengan ilmu..

وَكُلُّ مَا عَنْ رُتْبَةِ الحُسْنِ قَصُـرْ * فَهُوَ الضَّعِيفُ وَهْوَ أَقْسَامَاً كَثُرْ

Setiap hadits yang lebih rendah dari derajat hasan adalah hadits Dhaif dan terbagi atas banyak bagian

Hadits Dha’if [1]: Hadits yang tidak memenuhi derajat hasan karena kekurangan salah satu syarat dari syarat-syarat hadits hasan.

Hadits dhaif ada berbagai macam, akan datang pembahasan sebagian macam nya di kitab ini, Insya Allah. Contoh hadits dhaif misalkan hadits yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi (no. 2618), Ibnu Majah (no. 802), Ad Darimi (I/278), Ahmad (3/76) dan Ibnu Khuzaimah (no. 1502) dan selain mereka dari Abu Said Al Hudzri, ia berkata: telah berkata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

إِذَا رَأَيْتُمُ الرَّجُلَ يَتَعَاهَدُ الْمَسْجِدَ فَاشْهَدُوْا لَهُ بِالِإيْمَانِ

“Jika kamu melihat ada seseorang yang sering mendatangi masjid maka saksikanlah bahwa ia orang yang beriman”

Hadits ini lemah karena pada sanad nya ada perawi yang bernama Darraj bin Sam’an Abussamhi[2]. Imam Adz Dzahabi berkata tentangnya[3]: “Darraj banyak meriwayatkan hadits munkar”. Imam Ahmad[4] dan selainnya berkata:”Hadit-hadits nya munkar” . Imam Ibnu Hajar juga berkata tentang nya di dalam  kitab At Taqrib (no. 1824):”Ia Shaduq, akan tetapi riwayatnya dari Abul Haitsam dha’if”.

Aku (Syaikh Ali Hasan Al Halaby) berkata:”ini sebagian pendapat para ulama”.


[1] Lihat “At Tadrib” (1/179) dan “Al Baits” (hal. 44)

[2] Lihat biografi nya pada “Tahdzibut Tahdzib” (3/208), dan “Al Mizan” (2/24)

[3] Sebagaimana yang ia sebutkan pada “Talkhis Al Mustadrak” (1/212). Al Hakim juga mengatakan hal tersebut setelah membawakan riwayat nya

[4] Sebagaimana yang ia sebutkan pada “Al Mughni Fid Dhu’afaa” (1/223)


Hadits Hasan – Syarah Al Mandzhumah Al baiquniyyah

Posted: 28 Jun 2010 08:35 PM PDT

At Ta'liqat Al Atsariyyah 'ala Al Mandzhumah Al Baiquniyyah adalah salah satu kitab penjelasan (syarah) dari kitab Al Mandzhumah Al Baiquniyyah yang dikarang oleh ulama terkemuka masa kini, Syaikh Ali Hasan Abdul Hamid Al Halaby. Insya Allah kami akan menerjemahkan kitab ini per pembahasan sampai selesai. Sebaiknya  antum membaca dulu terjemah kitab Al Mandzhumah Al Baiquniyyah.  Semoga Allah memuliakan ummat islam dengan ilmu..

وَالحَسَنُ المَعْروفُ طُرْقـاً وَغدَتْ * رِجَالَهُ لا كَالصَّحِيحِ اشْتَهَرَتْ

Hadits Hasan adalah hadits yang jalur periwayatannya ma'ruf.. akan tetapi perawinya tidak semasyhur hadits shahih

Aku berkata: Ketika Syaikh Abussatar mendapati syair ini, beliau berkata:

وَالْحَسَنُ الْخَفِيْفُ ضَبْطًا إِذْ غَدَتْ * رِجَالَهُ لا كَالصَّحِيحِ اشْتَهَرَتْ

Hadits hasan adalah hadits yang ke-dhabith-an perawinya ringan dan perawinya tidak semasyhur hadits shahih

Hadits Hasan[1] : hadits yang bersambung sanadnya yang dibawakan oleh perawi yang adil namun memiliki kekuatan hapalan (dhabith) yang ringan, diriwayatkan dari perawi yang semisalnya dengan tanpa syad dan ‘illat.

Contohnya hadits berikut:

عن ابي هريرة قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَكْثِرُوْا مِنْ شَهَادَةِ انْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ، قَبْلَ أَنْ يُحَالَ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهَا، وَلقِّنُوْهَا مَوْتَاكُمْ

Dari abu hurairah, beliau berkata: Rasulullah  bersabda:

“Perbanyaklah kalian mengucapkan syahadat Laa ilaaha illallah sebelum terhalang antara diri kalian dengannya dan talqinlah orang yang sedang menghadapi kematian diantara kalian"[2]

Sanad hadits ini hasan karena terdapat Dhimam bin Isma’il. Al Hafidz Adz Dzahaby berkata tentangnya[3]:”Dia Shalihul hadits, sebagian orang melemahkannya dengan tanpa hujjah”. Abu Zur’ah Al ‘Iraqy juga menukil pendapat Imam Ahmad bin Hambal dalam “Dzailul kasyif” (hal.144): “Dia Shalihul hadits“. Dari Abu Hatim:”Shaduq, ahli ibadah”, dari An Nasa’iy: “tidak ada masalah dengan nya”. Ibnu Hajar berkata tentangnya[4]:”Shaduq, rubbamaa Akhtha (terkadang salah)” dan pendapat lain yang semisal yang tidak menurunkan haditsnya dari derajat hasan.

غَدَتْ : [5]صاَرَتْ (menjadi)


[1] Lihat “At Tadrib” (1/153), “Al Ba’its” (hal. 37), Al As’ilah Al Faiqah (no. 5) oleh Al Hafidz Ibnu Hajat

[2] Diriwayatkan oleh Abu Ya’laa (6147), Al Khatib di dalam “Tarikh” nya (3/38), Hamzah Al Kinany dalam “Juz’ul bithaqah” (no.7), Ar Rafi’iy dalam Tarikh Qazwin” (4/74) dari dua jalan; dari Dhimam bin Isma’il, dari Musa bin wardan, dari Abu Hurairah

Peringatan : Penta’liq telah mendhaifkan hadits dalam Musnad Abi Ya’laa karena ada Suwaid bin Sa’ad. Guru Abu Ya’laa. Lihat “Silsilah As Shahihah” (No. 468)

Maksud kata ” مَوْتَاكُمْ”: orang yang sedang sakarotul maut karena orang tersebut masih terkena pembebanan syariat. Sebisa mungkin untuk dilakukan talqin kepadanya untuk mengingatkannya dan agar ia mengucapkannya. Masalah Talqin ini telah tetap dan shahih dari Rasulullah  adapun selain ini tidak sah.

Lihat “Ahkamul Janaiz” (hal 10-11), “Silsilah Adh Dha’ifah” (2/64), dan tulisanku ” Al Qaul Al Mubin fi dha’fi haditsai At Talqin waqra’u Mautakum Yasin”.

[3] Mizanul I’tidal (2/329)

[4] Taqibut Tahdzib (1/374)

[5] Al Mu’jam AL Wasith (2/652)


Hadits Shahih – Syarah Al Mandzhumah Al Baiquniyyah

Posted: 28 Jun 2010 08:25 PM PDT

At Ta’liqat Al Atsariyyah ‘ala Al Mandzhumah Al Baiquniyyah adalah salah satu kitab penjelasan (syarah) dari kitab Al Mandzhumah Al Baiquniyyah yang dikarang oleh ulama terkemuka masa kini, Syaikh Ali Hasan Abdul Hamid Al Halaby. Insya Allah kami akan menerjemahkan kitab ini per pembahasan sampai selesai. Sebaiknya  antum membaca dulu terjemah kitab Al Mandzhumah Al Baiquniyyah.  Semoga Allah memuliakan ummat islam dengan ilmu..

منظومة البيقونية

أَبْـدَأُ بِالحَمْـدِ مُـصَلِّياً علـى * مُحَمَّــدٍ خَيْرِ نَبيِّ أُرْسِـلا

Aku mulai dengan memuji Allah dan bershalawat atas Muhammad, nabi terbaik yang diutus

وَذي مـنْ أقسـامِ الحَديثِ عِدَّهْ * وَكُـلُّ وَاحِـدٍ أَتَى وَحَـدَّهْ

Inilah beberapa pembagian hadits.. Setiap bagian akan datang penjelasannya

Hadits : Perkataan, Perbuatan, persetujuan atau sifat yang datang dari Nabi  [1]

Makna وَحَـدَّهْ [2]: Dengan huruf da yang bertasydid, dari kata  الحَدّ yang bermakna pengertian, penjelasan[3].

أَوَّلُهَا الصَّحِيحُ وَهُـوَ مَا اتَّصَـلّْ* إسْنَادُهُ وَلَمْ يَشُذَّ أَوْ يُعَـلّْ

Pertama hadits shahih yaitu yang bersambung sanad nya, tidak mengandung syadz dan ‘illat

يَرْويهِ عَدْلٌ ضَـابِطٌ عَنْ مِثْلِـهِ  * مُعْتَمَـدٌ فِي ضَبْطِهِ وَنَقْلِـهِ

Perawi nya ‘adil dan dhabith yang meriwayatkan dari yang semisalnya (‘adil dan dhabith juga) yang dapat dipercaya ke-dhabith-an dan riwayat nya

Hadits Shahih[4]: Hadits yang bersambung sanadnya yang diriwayatkan oleh perawi yang adil dan dhabith dari yang semisalnya (sama-sama ‘adil dan dhabith juga) sampai ke ujung mata rantai sanad tanpa adanya syadz dan ‘illat.

Contohnya perkataan Imam Bukhari dalam kitab  Shahih nya:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ فِي الْمَغْرِبِ بِالطُّورِ

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yusuf, telah mengabarkan kepada kami Malik bin Syihab dari Muhammad bin Jubair bin Muth’im dari bapaknya, ia berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah  membaca surat At Thur pada shalat Maghrib”. [5]

Hadits ini adalah hadits shahih karena telah memenuhi semua syarat hadits shahih pada isnad nya; perawi nya tsiqah (terpercaya), Al Ittishal (sanadnya bersambung), dan tidak syadz tidak pula mengandung ‘illat.

Al Ittishal : Setiap perawi mendengar riwayat dari perawi yang ada di atas nya

Al Isnad : mata rantai para perawi yang bersambung sampai nash hadits. Terkadang yang dimaksud dengan Al Isnad adalah menyandarkan hadits kepada orang yang menyampaikannya. Terkadang Al Isnad itu disebut dengan  القَرَائِنُ (keterkaitan)[6] atau السَنَدُ (sanad).  Setiap kata-kata tersebut memiliki makna yang sama jika dimutlakkan kecuali adanya isyarat yang menunjukkan maksud yang berbeda.

Syadz (ganjil) : Riwayat perawi yang maqbul (diterima periwayatan nya) menyelisihi riwayat yang lebih utama dari nya, baik dari segi jumlah atau dari segi ke-tsiqah-annya.

‘Illat (cacat) : Sebab yang merusak ke-shahih-an hadits yang secara lahir nampak shahih dan tanpa cacat. Cacat ini tidak dapat diketahui kecuali oleh orang yang mendalami ilmu yang mulia ini.

‘Adil[7]: Perawi yang memiliki sifat taqwa, menjauhi hal-hal yang tidak baik (dosa dan maksiat) dan menjauhi hal-hal yang mengurangi muru’ah (kehormatan diri) di mata manusia.

Dhabith : Hafalan nya kuat, memiliki pemahaman yang jeli, sangat baik dalam memahami berbagai permasalahan, memiliki ketetapan hafalan, dan mampu menjaga apa yang ia tulis semenjak ia menerima dan mendengar hadits tersebut sampai saat ia menyampaikan dan membawakan hadits tersebut.

Dhabith itu ada 2 macam:

  1. Dhabith Shadr (hafal dalam hati): Kemampuan seorang rawi untuk menghafal apa yang telah didengar dengan sangat baik sehingga memungkinkan baginya untuk menyebutkan hadis itu kapanpun dikehendaki.
  2. Dhabit Kitab (hafal dengan bantuan kitab): Perawi yang menulis hadits pada suatu kitab sejak ia mendengar nya dan mengecek kebenaran hadits tersebut dengan guru nya, dan ia memelihara kitab tersebut dari orang-orang yang ingin merubah atau mengganti kitab tersebut[8].

[1] Lihat Tadriburrawi (I/62) oleh Al Hafidzh As Suyuthi, Al Ba’its Al Hatsis (hal.20) oleh Ahmad Syakir, dan Qowa’idut Tahdits (hal. 61) oleh Al Qasimiy

[2] Pada beberapa naskah, وَعَدَّه

[3] Al Mu’jam Al Wasith (I / 160)

[4] Lihat “At Tadrib” (I/62), “Al Ba’its” (hal. 21) dan Qowa’idut Tahdits (hal. 79)

[5] (No. 4854)

[6] Lihat Tadriburrawi (I/41-42)

[7] Lihat Muqaddimah ibnu Shalah (hal. 94), Al Mukhtashar fi ‘ilmi Rijalil Atsar (hal. 43) oleh Abdulwahhab Abdullathif.

[8] Lihat Muqaddimah ibnu Shalah (hal. 94) dan Tadribur Rawi (I/301)


0 Comments:

Post a Comment