www.arabic.web.id

www.arabic.web.id


Fi’il Berdasarkan Bentuk Shahih, Mu’tal, Jamid, dan Tasharruf

Posted: 08 Feb 2011 12:37 AM PST

Pengertian  Shahih dan Mu'tal

Shahih : kata yang semua huruf aslinya bukan huruf 'illat seperti كَتَبَ , فَرِحَ, سَيْطَرَ , شَارَكَ , dan اِجْلَوَّذَ.

Mu'tal : kata yang salah satu huruf asli nya merupakan huruf 'illat baik berupa isim atau fi'il

Huruf 'illat ada tiga, yaitu: alif, waw dan ya. Contoh fi'il mu'tal وَعَدَ , قَامَ , dan رَضِيَ

Pembagian  Shahih

Shahih ada tiga jenis:

  1. Salim : Kata shahih yang bebas dari huruf hamzah dan juga tadh'if. Contohnya كَتَبَ dan فَرِحَ
  2. Mahmuz : Kata shahih yang salah satu huruf asli nya huruf hamzah. Contohnya أَخَذَ, سَأَلَ, dan قَرَأَ
  3. Mudhaa'af : Kata shahih yang penyusun huruf asli nya ada dua huruf sejenis. Mudhaa'af ada dua macam:
    1. Mudhaa'af Tsulatsy : kata yang huruf 'ain dan lam fi'il nya huruf sejenis contohnya banyak sekali diantaranya:  شَدَّ  dan فَرَّ.
    2. Mudhaa'af Ruba'iy : Kata yang huruf fa fi'il dan lam fi'il pertamanya sejenis dan huruf 'ain fi'il dan lam fi'il keduanya  sejenis.  Contohnya  دَمْدَمَ , زَلْزَلَ , dan وَسْوَسَ .

Pembagian Mu'tal

  1. Mitsal : Kata yang huruf fa fi'il nya merupakan huruf 'illat. Dinamakan mitsal karena bentuknya seperti bentuk shahih ketika fi'il madhy, yang terbebas dari 'illat.  Contohnya وَعَدَ dan  وَقَعَ.
  2. Ajwaf : Kata yang 'ain fi'il nya merupakan huruf 'illat contohnya قَالَ dan  بَاعَ. Dinamakan ajwaf karena menyerupai sesuatu yang diambil dari dalamnya sehingga menjadi berongga. Ini disebabkan 'ain fi'il nya seringkali hilang pada bentuk tertentu. Contohnya بِعْتُ , لَمْ يَقُلْ , لَمْ يَبِعْ ,  قُلْ , dan  بِعْ .
  3. Naqish dan Manqush: Kata yang lam fi'il nya merupakan huruf 'illat contohnya سَعَى dan دَعَى.  Dinamakan naqish karena huruf terakhirnya menjadi kurang ketika jazm dan waqaf.  Dinamakan juga dengan "Dza Al Arba'ah" karena ia menjadi empat huruf pada awal lafal-lafal fi'il madhy contohnya سَعَيْتُ dan دَعَوْتُ .
  4. Lafif Mafruq : kata yang huruf fa dan lam fi'il nya merupakan huruf 'illat. Contohnya وَفَّى dan وَلَّى .  Makna Lafif adalah berkumpul.
  5. Lafifi Maqrun : kata yang huruf 'ain dan lam fi'il nya merupakan huruf 'illat. Contohnya نَوَى , قَوِيَ , حَيِيَ , dan عَيِيَ .
  6. Kata yang huruf fa dan 'ain fi'il nya merupakan huruf 'illat. Kata ini hanya ada dalam bentuk isim  dan sangat sedikit. Contohnya يَوْم , وَيْح , dan وَيْل .

Tidak ada fi'il yang diambil dari mashdar namun ada sebagian fi'il yang diambil dari isim jamid. Contohnya ياَوَمَهُ dari المُيَاوَمَة dan تَوَيَّلَ jika orang berkata:" وَيْلِيْ..! ".

Fi'il berdasarkan jamid dan tasharruf

Fi'il Mutasharrif : Fi'il yang berbeda bentuknya seiring perbedaan waktu nya. Adapun fi'il jamid adalah lawan nya.

Fi'il Jamid

Fi'il jamid ada beberapa macam:

  1. Selalu dalam bentuk fi'il madhy. Contohnya عَسَى , لَيْسَ , نِعْمَ , بِئْسَ ,  تَبَارَكَ, dua bentuk ta'ajjub, قَلَّمَا , طَالَمَا ,  كَثُرَمَا , كَرَبَ , طَفِقَ , حَبَّذَا , حَرَى , dan اِخْلَوْلَقَ .
  2. Selalu dalam bentuk fi'il amr. Contohnya sedikit, diantaranya: هَبْ , تَعَلَّمْ dengan makna اِعْلَمْ , kemudian هَاتِ , تَعَالَ , dan هَلُمَّ  menurut bani tamim akan tetapi menurut ahli Hijaz ketiga kata ini termasuk isim fi'il.
  3. Selalu dalam bentuk fi'il mudhari' contohnya يَهِيْطُ . Makna الهِيَاط adalah الصِّيَاح  (berbuat gaduh).

Fi'il Mutasharrif

Fi'il mutasharrif ada dua macam:

  1. Tasharruf Tam (sempurna). Fi'il yang memiliki ketiga bentuk madhiy, mudhari', dan amr. Contohnya banyak sekali, diantaranya كَتَبَ , قَرَأَ , dan شَرِبَ .
  2. Tasharruf Naqish (kurang sempurna). Ada dua macam:
    1. Fi'il yang hanya memiliki bentuk madhiy dan mudhari' nya saja contohnya ماَ زَالَ dan saudaranya dan Al Af'al Al Muqarabah seperti كَادَ , أَوْشَكَ  dan جَعَلَ –menurut pendapat yang shahih-
    2. Fi'il yang hanya memiliki bentuk mudhari' dan amr nya saja. Contohnya يَذَرُ dan يَدَعُ –menurut pendapat yang masyhur- maka kita katakan bentuk amr nya adalah ذَرْ dan دَعْ .

*Disarikan dari Diktat Kuliah Ilmu Sharaf (LARB2063) Universitas Al Madinah International


0 Comments:

Post a Comment